5 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
Solo adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, kota yang memiliki luas lebih dari 44 KM persegi ini memiliki beragam kebudayaan dan kultur peninggalan nenek moyang. Selain lokasinya yang strategis dan mudah untuk dilalui, kekayaan budaya dari kota solo inipun menjadi salah satu daya pikat tersendiri bagi pengunjung yang ingin berlibur.

Lokasi solo yang ideal terletak di tengah-tengah jalur darat, membuatnya banyak disinggahi banyak wisatawan untuk berlibur atau sekedar berisitirahat sejenak. Kota yang berpenduduk mencapai 503.421 jiwa ini juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang tentu tak kalah menariknya dibanding kota-kota di Indonesia, mulai dari wisata kuliner yang menawan lidah, hingga Kraton Surakarta yang merupakan salah satu ikon dari kota solo ini.


Memiliki banyak budaya dan peninggalan sejarah membuat kota solo memiliki banyak sekali bangunan-bangunan dengan nilai sejarah yang tinggi, seperti bangunan-bangunan pada masa kolonial Belanda dahulu kala. Jadi, disini kita bisa berlibur sekaligus menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai perjuangan bangsa ini mengusir penjajah dari tanah ibu pertiwi, menarik bukan?

Keraton Surakarta
5 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib DikunjungiKeraton ini merupakan salah satu simbol dari kota surakarta atau kota solo, karena disinilah semua perjuangan dan pemerintahan di kota ini dimulai, banyak terdapat barang-barang sisa zaman penjajahan belanda, mulai dari benda-benda kuno, hingga kereta kencana yang biasa digunakan keluarga keraton. Anda juga bisa berfoto dengan prajurit dan benda-benda yang terdapat disana, untuk memasuki areal keraton ini anda cukup membayar sebesar Rp 10,000 saja.
Air Terjun Grojogan Sewu 
5 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi
Air terjun yang terletak sekitar 36 KM dari kota solo ini, atau tepatnya di Kecamatan Tawangmangu memiliki sejuta misteri dari penduduk setempat dan pemandangan alam yang memukau, oleh karena itulah tempat ini menjadi salah satu wisata alam yang direkomendasikan ketika anda berkunjung ke kota solo. Untuk sekedar bersantai dan menikmati air terun di Grojogan Sewu Tawangmangu ini anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 18,000.

Taman Balekambang
5 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi
Taman yang berlokasi tak jauh dari pusat kota Solo ini merupakan salah satu areal penghijauan, disini terdapat banyak sekali pepohonan dan dedaunan rindang yang tentunya menambah keasrian dari tempat ini. Areal seluas 10 Ha yang terdapat di Jl. Ahmad Yani ini cocok sekali dijadikan tempat untuk berekreasi bersama keluarga dan sanak saudara, disini kita bisa melihat berbagai macam tanaman langka yang dibudidayakan, hingga bermain perahu atau rakit.
Taman Sriwedari
Berbeda dengan taman Balekambang, Taman Sriwedari ini merupakan taman yang berunsur sejarah, jadi disini selain kita bisa berlibur sembaring menikmati suasana taman, kita juga bisa menambah wawasan seputar kota solo yang belum kita ketahui. Dilokasi Taman Sriwedari ini juga terdapat theater atau seni pertujunkan wayang yang bertemakan Mahabrata dan Ramayana yang siap menghibur kita semua.



Air Terjun Jumog
5 Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi
Selain Grojogan Sewu, air terjun Jumog merupakan salah satu alternatif tempat wisata bagi anda yang menyukai wahana alam yang bertemakan air, karena arus di air terjun Jumog ini tidak terlalu keras dan memiliki suasanya yang sejuk, jadi wisata ini sangat cocok sekali untuk sekedar bermain air dan bersantai. Air terjun yang berlokasi di tepi Gunung Lawu ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dan terletak tidak terlalu jauh dengan air terjun Grojogan Sewu, yakni tepatnya di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Untuk menikati wisata disini anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp 5,000 saja perorangnya.

Demikian informasi mengenai beberapa tempat atau objek wisata favorit yang wajib anda kunjungi jika berlibur ke kota Solo, semoga bermanfaat, selamat jalan-jalan Travellers!
Advertisement

Related Posts: