5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
Bengkulu adalah salah satu kota dengan panorama yang sangat indah, karena mengingat lokasi geografisnya yang berhadapan dengan samudra hindia, jadi pantainya pun sangat bagus untuk olahraga surfing dan snorkling. Nah, jika anda ingin melihatnya anda bisa pergi ke Pulau Tikus untuk merasakan ombak lautan di samudra hindia yang sangat keras.

Usut punya usut, ternyata Bengkulu juga merupakan kota yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah, karena pada masa kolonial Belanda dahulu kala, tempat ini adalah salah satu yang dijadikan sebagai pengasingan Bung Karno pada tahun 1940-an, nah pada masa inilah sang proklamator RI berkenalan dan menjalin kasih dengan Fatmawati, dan pada akhirnya keduanya menikah.

Selain itu, Kota Bengkulu juga cukup kaya akan flora dan fauna yang dimilikinya, salah satu flora yang menjadi keunikan di Bengkulu adalah Rafflesia Arnoldi atau yang biasa kita sebut dengan Bunga Bangkai. Bunga berdiameter 1 m yang dinobatkan menjadi bunga terbesar di Dunia ini bisa kita temukan di kota Curup yang berjarak 85 km dari kota Bengkulu yang merupakan ibukota provinsi.

Pulau Tikus

5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib DikunjungiPulau tikus adalah salah satu pulau yang paling digemari para wisatawan ketika berkunjung ke Bengkulu, karena disini anda bisa menikmati panorama alam yang sangat indah, terutama lautnya. Disini kita bisa melihat ikan-ikan dan terumbu karang dengan snorkling, karena air lautnya yang belum banyak tercemar dan cukup jernih. Pulau seluas 1,5 hektar ini terletak 10 KM dari kota Bengkulu. Anda bisa menggunakan akomodasi kapal boat dari pelabuan Pulau Baai yang memakan waktu sekitar 40 menit, atau sebagai alternatifnya anda juga bisa menggunakan perahu nelayan dari pantai Jakat dengan durasi 1 Jam untuk sampai ke Pulau Tikus ini.

Danau Dendam Tak Sudah

5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib DikunjungiDanau ini merupakan salah satu kawasan cagar alam di Kota Bengkulu, jadi merupakan daerah yang masih asri dan terlindungi. Danau yang terletak di kota Curup atau 6 KM dari kota Bengkulu ini memiliki beragam flora dan fauna yang terdapat didalam kawasanya, seperti salah satunya yang saya kemukakan tadi, yakni rafflesia arnoldi.  Disini udaranya masih sangat sejuk, mengingat banyak sekali flora yang dikembang biakkan disini, jadi anda bisa menikmati keindahanya menggunakan rakit atau perahu kecil untuk sekedar melihat-lihat, atau anda juga bisa memancing disini.

Pantai Panjang

5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib DikunjungiKarena akomodasi dan letaknya yang strategis, Pantai Panjang ini adalah salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh wisatawan ataupun turis. Anda hanya membutuhkan sekitar 15-20 menit untuk dapat sampai ke tempat ini dari pusat kota Bengkulu. Disamping keindahan alam dan pantainya yang memikat pandangan, Pantai ini juga memiliki fasilitas publik yang cukup lengkap, seperti cafe, penginapan, hingga tempat perbelanjaan. Jadi tak salah, apabila Pantai ini memiliki peminat yang cukup banyak, apalagi mengingat ombaknya juga cukup bagus untuk olahraga surfing.

Bukit Kaba

5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib DikunjungiAnda harus mendaki sekitar lebih dari 300 anak tangga untuk mencapai puncak bukit ini, ya ialah bukti Kaba atau yang bisa juga disebut sebagai Gunung Kaba. Bukit ini merupakan gunung aktif yang pernah meletus pada tahun 1600-an. Bukit ini memiliki pemandangan menyegarkan berupa dedaunan yang sangat hijau dan rindang, udaranya juga sangat sejuk sekali, karena terletak di ketinggian 1.952 M dari permukaan laut. Bukit Kaba ini terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.


Danau Mas Harun Bastari

5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib DikunjungiApabila anda berkunjung ke Bukit Kaba, maka sudah sepatutnya untuk mengunjungi Danau yang satu ini, yap ialah danau Mas Harun Bastari, karena letak danau ini sangat berdekatan sekali dengan bukit Kaba. Danau yang memiliki luas 36 Ha ini memiliki banyak sekali cocok tanam dan perkebunan disekelilingnya, jadi merupakan objek wisata yang direkomendasikan untuk berekreasi. Danau ini terletak tak jauh dari Bukit Kaba, yakni tepatnya di Kecamatan Selupu Rejang yang berjarak sekitar 18 KM dari Kota Curup.

Demikian beberapa informasi mengenai tempat wisata bengkulu yang favorit dan wajib untuk dikunjungi ketika berlibur, semoga bermanfaat, dan selamat berjalan-jalan Travellers!
Advertisement

Related Posts: